PT Inalum Persero Serahkan Hadiah Lomba Potensi dan Inovasi Desa

PT Inalum Serahkan Hadiah Lomba Potensi dan Inovasi Desa

topmetro.news – PT Inalum Persero serahkan hadiah pemenang lomba potensi dan inovasi desa Kabupaten Asahan di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat (24/9/2021).

Hadiah diserahkan Senior Executive Vice President PT Inalum Persero, Ismail Midi didampingi Plt Asisten I, Ketua/Wakil Ketua TP PKK Asahan Hj Titiek Sugiarti Surya/Hj Yusnila Indriati Taufik kepada kepala desa pemenang lomba.

Ismail Midi mengatakan, ada tiga kabupaten yang mengikuti lomba termasuk Asahan. Harapannya, melalui lomba ini, desa yang ada di Asahan mampu menggali potensi.

“Gali potensi yang ada di desa dan terus lakukan inovasi baru. Sehingga meningkatkan prekonomian masyarakat. Selamat kepada desa pemenang lomba. PT Inalum Persero akan terus berada di tengah-tengah masyarakat Asahan,” kata Ismail Midi.

Tujuan Inovasi Desa

Bupati Asahan melalui Plt Asisten I Suherman Siregar SSTP mengatakan, tujuan inovasi desa adalah untuk mendorong pembangunan desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien. Melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi.

Pada lomba ini ada tiga klaster. Pertama klaster lingkungan, perlu peningkatan SDM untuk menggali menata lingkungan pengelolaan dan pemanfaatan pekarangan rumah.

Kemudian kedua klaster ekonomi. Pengembangan kearifan lokal dan kewirausahaan pengembangan usaha masyarakat dengan prakarsa Bumdes. Serta produk unggulan desa, produk unggulan kawasan perdesaan dalam rangka menggerakkan dan mengembangkan prekonomian desa.

Selanjutnya, ketiga klaster wisata. Harapannya, ada partisipasi masyarakat untuk menggali dan menata SDM yang ada dengan memperhatikan infrastruktur, sarana dan prasarana, pengelolaan dengan memperhatikan lingkungan sekitar.

“Semoga lomba ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk menggali potensi yang ada di desa. Dan berinovasi untuk mengembangkan SDM yang ada dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

“Terima kasih kepada PT Inalum yang telah melakukan kerjasama dengan Pemkab Asahan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Semoga kerjasama ini dapat kita pertahankan,” lanjut Suherman.

Ada pun para juara adalah, klaster wisata, juara I Desa Aek Nagali, juara II Desa Gotting Sidodadi, juara III Desa Marjanji Aceh. Kemudian, klaster ekonomi, juara I Desa Gonting Malaha, juara II Desa Batu Alam, juara III Desa Subur. Selanjutnya klaster lingkungan, juara I Desa Taman Sari, juara II Desa Buntu Pane, juara III Desa Bandar Pulau Pekan.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment